Rabu, 09 Mei 2012

Pengadaan dan Perekaman e-KTP di Kecamatan Karangkancana Disambut Antusias


Camat Karangkancana Drs. Saleh Rochiat, M.Si
Program Pemerintah untuk Persiapan pengadaan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) di Kecamatan Karangkancana Kabupaten Kuningan disambut antusias para pegawai Kecamatan setempat yang melibatkan para Aparat Desa se-Kecamatan Karangkancana. Penerapan e-KTP untuk mewujudkan Tertib Administrasi Kependudukan, sehingga untuk suksesnya pengadaan e-KTP para pegawai kecamatan bekerja maksimal untuk mensukseskan program tersebut yang dibantu petugas piket dari aparat desa yang ada di Wilayah Kecamatan Karangkancana.

Dijelaskan Zaenudin SE  yang didampingi rekan kerjanya Yaya Waluya SE bahwa kegunaan Kartu Tanda Penduduk Elektonik (e-KTP) sebagai identitas jati diri, berlaku nasional sehingga tidak perlu lagi membuat KTP lokal untuk pengurusan izin, pembuatan Akta Lahir dan sebagainya. Bisa mencegah KTP ganda dan pemalsuan KTP serta dapat di gunakan sebagai ID Card untuk ATM , Asuransi atau sebagai kartu pemilih pada pemilu Legislatif/Presiden/Wakil Presiden dan Pilkada sehingga terciptanya keakuratan data penduduk untuk mendukung Program pembangunan. Lebih lanjut Zaenudin SE  menerangkan bahwa  e-KTP dilengkapi Biometrik dan Chip berbasis Nomor Induk Kependudukan (NIK). Kegunaan  Biometrik adalah sebagai Identifikasi Jati Diri yaitu data yang termuat  dalam dokumen menunjukan identitas secara akurat dan cepat sebagaai Autentifikasi diri untuk mencegah pemalsuan dokumen sekaligus mencegah dokumen ganda karena mempunyai sistem pengaman data yang independen. Kegunaan Chip adalah sebagai penyimpan data Elektronik penduduk termasuk data Biometrik  dapat berpungsi untuk berbagai kebutuhan penduduk itu sendiri ujar  Zaenudin lebih jauh.


Petugas pembuatan e-KTP Kec.Karangkancana Zaenudin SE dibantu rekan kerjanya Yaya Waluya SE
dikantor Kecamatan Karangkancana
Terlihat sekali kesibukan para pegawai kecamatan bekerja lembur sampai dini hari dibantu petugas piket dari desa-desa untuk mempersiapkan segala sesuatu demi tercapai suksesnya Program Pemerintah ini. “Walau pekerjaan ini sangat berat tapi demi suksesnya program ini kami kerja siang malam, mempersiapkan surat panggilan untuk pelaksanaan pengadaan e-KTP  dan perekaman secara keseluruhan yang akan dilaksanakan mulai tanggal 14 Mei 2012 nanti yang akan digelar di aula Balai Desa Karangkancana karena di Kantor Kecamatan Karangkancana berbarengan pada tanggal tersebut ada perehaban kantor sementara untuk persiapan uji coba alat dan tahap awal perekaman dilaksanakan perekaman dan sidik jari kepadapara Kepala Desa beserta aparatnya berikut para Ketua RT/RW juga anggota Hansip di tiap desa se-Kec. Karangkancana yang tujuannya untuk sosialisasi secara tidak langsung.” Tambah Zaenudin SE lebih jauh kepada wartawan koran ini.

Ditempat terpisah Camat Kecamatan Karangkancana Drs. Saleh Rochiat M.Si  ketika dihubungi via Handphonenya beliau berharap “ Dengan telah lengkapnya sarana dan prasarana se-KTP  program bisa terlaksana dengan baik, serta dukungan dari warga masyarakat untuk bisa hadir dalam perekaman pembuatan e-KTP ini. Dan kami berharap dukungan dari berbagai elemen mayarakat khususnya insan PERS yang selama ini telah banyak membantu dalam mensosialisasikan suksesnya pengadaan e-KTP,” katanya. Untuk meningkatkan optimalisasi pelayanan terhadap masyarakat Drs. Saleh Rochiat M.Si menambahkan bahwa pihak kecamatan membuat terobosan dengan metode Jemput Bola dimana Kami akan mendatangi desa dan dusun-dusun se-Kec. Karangkancana guna meringankan transportasi masyarakat dan optimalisasi pelayanan e-KTP terhadap masyarakat se-Kec. Karangkancana kepada wartawan koran ini menjelaskan. [ACENG SURYA]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar