Sabtu, 13 Oktober 2012

KELOMPOK CAHAYA MEKAR IV Berhasil Buat KEBUN BIBIT RAKYAT



A.THOLANI Ketua Kelompok CAHAYA MEKAR IV didamping sekertaris kelompok E.Darman di kebun nya
Kuningan HR. Untuk menghijaukan dan menghutankan wilayah pedesaan sekitar DAS Cisanggarung Pemerintah Kabupaten Kuningan melalui DISHUTBUN Kabupaten Kuningan dari sumber dana Kementrian Kehutanan , Direktorat Jendral Bina Pengelolaan DAS dan Perhutanan Sosial . Balai pengelolaan DAS Cimanuk-Citanduy kerja sama DISHUTBUN Kabupaten Kuningan kelompok Cahaya Mekar IV desa Datar berhasil mendapatkan bantuan sebesar Rp 50.000.000., untuk pembuatan Kebun Bibit Rakyat (KBR). Dengan bibit kayu jenis ALBAZIA 36.000 batang Dan SENGON 4000 batang.

Menurut penuturan A.Tholani ketua kelompok Cahaya Mekar IV yang didampingi sekertarisnya Emon Darman pengolahan kebun ini mendapat dukungan masyarakat. “Alhamdulillah karena daerah desa Datar dekat dengan lokasi galian C dan banyak tanah darat kosong yan perlu dihijaukan lagi dengan adanya KBR ini masyarakat menyambut antusias. Sehingga dengan keberhasilan pembibitan kayu jenis Albazia ini menjadi kebanggaan warga kami.”ujar Ateng Tholani menuturkan.

Berkat ketelitian dalam merawat serta memberikan pupuk yang teratur Kebun Bibit ini sudah terlihat hijau pertumbuhannya sangat bagus. “Dengan bantuan dari DISHUTBUN ini desa Datar dan sekitarnya tahun depan akan indah dan hijau ditanami bibit Albazia ini sehingga bila sudah besar kayunya bisa di panen untuk kebutuhan desa Datar itu sendiri. Maka dari itu kami berharap mulai dari sekarang untuk peneneman musin tahun ini diminta warga untuk mempersiapkan lahan kosong untuk di hijaukan.”tamabh Emon menghimbau kepada semua warga penerima mampaat.

Ditempat terpisah Ono Wartono yang ditemuiHR diruangan kantornya berharap dengan bantuan pemerintah untuk menghijaukan dan menghutankan desa Datar dia berharap kapada semua warga yang memiliki tanah kosong untuk mempersiapkan segala sesuatunya pada musim tanam tahun ini.’”Mari kita dukung Program PEMKAB Kuningan yang melalalui DISHUTBUN ini dengan mempersiapkan lahan kosong disekitar aliran sungai Cisanggarung maupun di bukit-bukit karena kita telah mempersiapkan beribu-ribu batang kayu Albazia dan Sengon untuk ditanami di tanah milik warga desa Datar dengan gratis dibagikan bibit ini.”kata ONO menuturkan.

 “Kami atas nama pemerintahan desa Datar berterima kasih kepada PEMKAB Kuningan Melalui DISHUTBUN yang mana dengan bantuan pembuatan Kebun Bibit Rakyat ini insya Allah desa Datar kedepan akan hijau rindang berhawa sejuk. Dan kami mengajak kepada seluruh warga desa Datar untuk mendukung program pemerintah Kabupaten Kuningan karena toh hasilnya nanti untuk Warga yang menanam kayu ini,”tambah Ono Wartono Kepala desa DATAR menuturkan lebih jauh kepada wartawan koran ini. (Aceng/Nicko/Dodo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar