Kamis, 19 Juli 2012

Dengan PNPM–MP, Animo Masyarakat Cukup Tinggi menyambutnya


KUNINGAN.HR, Masyarakat di kabupaten Kuningan umum nya dan desa Sukasari Kecamatan Karangkancana khususnya menyambut antusias Program PNPM-MP yang Pro Rakyat. Kini jalan poros desa Sukasari  menuju desa Simpayjaya  yang awalnya  rusak berat kini dengan adanya program PNPM Mandiri Pedesaan  telah tertata rapi sepanjang 200 mtr  telah di perbaiki dengan rabat beton. Masyarakat kompak memberikan swadaya berupa alat maupun tenaga dan kaum ibunya memberikan antaran makan minum untuk para pekerja. Ini adalah alah satu sambutan baik untuk program PNPM –MP ini, dari masyarakat setempat penerima manfaat.

Masyarakat penerima mampaat dari program PNPM-MP sangat antusias menata lingkungan desanya. Tampak pengerjaan jalan poros desa SUKASARI menuju desa Simpayjaya dari bantuan dana stimulan PNPM-MP
Menurut ketua TPK PNPM-MP Desa Sukasari, Kusman menerangkan kepada HR bahwa jalan poros desa  menuju desa Simpayjaya yang termasuk RT 02  dan jembatan sepanjang 5 M X 3 M DI blok barat desa,  dan jalan poros desa sepanjang 230 m X 3 M X12 Cm  dikerjakan dengan bantuan dana Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat-Mandiri Perdesaan total biaya Rp 43.517.000. Bantuan PNPM Rp 39.867.000., dan swadaya masyarakat  sebanyak Rp 3.650.000., Lebih lanjut KUSMAN  menerangkan bahwa pembangunan jalan dari  program PNPM-MP ini sangat membantu penataan lingkungan desanya maka masyarakat menyambut antusias dan mudah untuk di arahkan untuk membantu penyelesaian pembangunan. Dengan bukti  tenaga swadaya masyarakat 20 orang perhari terdiri 2 orang per RT nya di desa Sukasari . Dan HOK nya 5 orang tukang termasuk 18 orang laden yang bergiliran dari tiap RT.  
  
“Kami masyarakat desa Sukasari sangat menyambut gembira dengan adanya program PNPM-MP  karena Infrastruktur di desa kami dengan bantuan ini mulai terlihat hasilnya dan semuanya terlihat tertata rapi. Dan kami juga di untungkan karena Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat ini kami pun ada penghasilan dari H.O.K yang diberikan kepada masyarakat yang mengerjakan proyek ini.”Ujar Mardiana yang diamini teman-teman tukang di lokasi proyek PNPM-MP desa Sukasari.  “Dengan adanya bantuan program yang pro rakyat ini masyarakat mengucapkan bayak-banyak terima kasih kepada pemerintah daerah maupun pusat, kami mohon program PNPM-MP bisa berlanjut karena selama Program ini berjalan sangat banyak manfaatnya buat kami yang ada di pedesaan. Infrastruktur jalan maupun pengairan  didesa kami telah mulai tampak tertata rapi.” Ungkap KUSMAN antusian.

Enkun Kursini Kepala desa Sukasari mengatakan himbauan nya kepada masyarakat penerima mamfaat untuk menjaga pasilitas yang di berikan pemerintah  supaya awet dan tidak cepat rusak mari kita sama-sama untuk saling menjaga dan merawatnya. “Kami dari pemerintah desa mengucapkan terima kasih tak terhingga  kepada pemerintah pusat maupun daerah dengan adanya bantuan stimulan PNPM-MP ini masyarakat kami sangat terbantu. Dan kepada ketua TPK saya menghimbau tolong berikan kepada masyarakat  dengan  mejaga   kwalitas pekerjaan yang bagus,dan saya oftimis bahwa program PNPM=MP ini pasti berlanjut, mari kita sama-sama menjaga amanah ini supaya terasa sekali mamfaatnya buat kita semua,karena saat ini kita telah memiliki jalan yang nyaman untuk dilalui dari program PNPM-MP ini”kata Engkun lebih jauh kepada wartawan koran ini. {ACENG SURYA }

Tidak ada komentar:

Posting Komentar