Senin, 09 Juli 2012

PEREKAMAN e-KTP Dengan Metode JEMPUT BOLA di Kecamatan KARANGKANCANA Di Nilai Cukup Berhasil


Drs. Saleh Rochiat, M.Si Camat Kec. Karangkancana
Program Nasional dengan perubahan KTP lama dengan KTP elektronik yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia. Begitu juga dengan kabupaten Kuningan di 32 Kecamatan yang ada di Kabupaten Kuningan serentak melaksanakan perekaman e-KTP.

Namun di Kecamatan Karangkancana yang letak desanya jauh dari pusat kota Kecamatan dan Wilayah perbukitan yang sulit dijangkau oleh kendaraan umum. Adalah suatu tantangan untuk Camat Karangkancana supaya pencapaian target maksimal 90% sampai bulan Juli 2012 nanti tercapai. Sehingga Drs. Saleh Rochiat M.Si Camat Kecamatan Karangkancana membuat terobosan untuk pelayanan kepada warganya dengan cara menurunkan operator beserta parangkat pendukung perekaman e-KTP turun langsung ke tiap desa yang ada di Wilayah kerjanya. 

Sehingga masyarakat dengan terobosan Camat tersebut merasa terbantu dengan adanya pelayanan perekaman e-KTP jemput bola itu. Karena dengan cara tersebut masyarakat bisa meminimalisir  oprasional menuju kota Kecamatan dan resiko kecelakaan lalu lintaspun hampir tidak ada. ”Kami sangat terbantu dengan adanya pelayanan pembuatan KTP elektronik yang datang langsung ke desa kami yang memang letaknya sangat terpencil jangankan mobil, motorpun sangat sulit menuju kampung saya ini.” Ujar Tatang Warga Dusun Banjaran Desa Jabranti yang letak dusunnya susah dilalui kendaraan karena persis ada dikaki Gunung Tilu.

Perekaman e-KTP di Kec. Karangkancana dengan cara Jemput Bola

Menurut Yaya Waluya, SE  Pelaksana Kecamatan Karangkancana yang saat ini menjabat Plh Kepala Desa Kaduagung menuturkan bahwa masyarakatnya sangat terbantu dengan pelayanan perekaman e-KTP dengan cara metode Jemput bola ini karena dirasakan sangat efektif. Bahkan menurutnya petugas KEMENDAGRI yang datang diantar petugas monitoring dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Kuningan ketika datang ke Kec. Karangkancana sangat salut dengan terobosan seperti yang di laksanakan di Kecamatan Karangkancana ini.” Ibu EKA dan ibu YULIA  petugas dari KEMENDAGRI yang datang ke Kantor Kecamatan Karangkancana betul-betul kagum dengan pelayanan perekaman Jemput Bola ini, bahkan ketika melihat desa-desa yang jauh dari kota Kecamatan Ibu Eka sampai menitikan air mata terharu. Beliaupun mengatakan di Kabupaten Cianjur dan Sumedang  pun mengikuti cara  metode Jemput Bola setelah membaca berita dari koran HR” Kata Yaya menerangkan kepada wartawan koran ini  lebih jauh. “Alhamdulillah sampai bulan Juni ini kita telah selesai hampir di 7 desa yang dipersentasekan hampir 70 % dan di Kabupaten mendapatkan peringkat 4 dalam katagori penyelesaian perekaman, jadi memang dengan pelayanan cara Jemput Bola  ini mendapat tanggapan positif dari masyarakat.” Tambah Zenudin SE salah seorang operator perekaman e-KTP.

Dengan animo masyarakat yang antusias Drs. Saleh Rochiat M.Si Camat Karangkancana mengucapkan terima kasih kepada semua elemen masyarakat yang telah membantu kelancaran pelaksanaan perekaman e-KTP ini. ”Saya atas nama Pemerintahan Kecamatan Karangkancana mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua warga wajib KTP, para Kepala Desa dan Perangkatnya, para Operator yang telah mensukseskan program Nasional perekaman e-KTP walau harus membawa alat perekaman ke desa-desa dan dusun-dusun terpencil mereka tetap semangat demi pelayanan terhadap masyarakat yang maksimal.  Tak lupa terima kasih kepada para Wartawn Harapan Rakyat yang selalu mengawal dan memantau pelaksanaan perekaman e-KTP di wilayah kerja saya” Katanya lebih jauh. “Dan saya menghimbau kepada warga perantau yang menjelang bulan Ramadhan dan Lebaran nanti mereka pada pulang kampung, maka saya mengajak kepada para warga perantauan supaya segera melakukan perekaman KTP supaya target penyelesai perekaman segera terlaksana.” Tambah Drs. Saleh Rochiat M.Si kepada wartawan koran ini. (ACENG.S)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar