Selasa, 09 April 2013

Alumni SMKN 1 Luragung Terserap Dunia Industri

Drs. Mamat Rachmat, MM.Pd. 
Kepala SMKN 1 Luragung

Kuningan,HR...Sejumlah orang tua siswa lulusan SMKN 1 Luragung Kab.Kuningan Jawa Barat menyambut suka cita atas keberhasilan anak-anaknya yang sudah bekerja di berbagai sektor dunia industri. Mereka bangga, para puteranya sudah berhasil diterima di beberapa perusahaan yang berada di kota besar, seperti Bandung, Cikarang dan Jakarta. Bahkan ada pula yang bekerja di luar Pulau Jawa.

Hal tersebut diakui Kepala SMKN 1 Luragung Kab.Kuningan Jawa Barat, Drs.Mamat Rachmat,M.MPd., melalui Wakasek Bidang Humas Hubin, Drs.Agus Solehudin,MSi,   saat ditemui Wartawan Koran ini di ruangan kerjanya baru-baru ini kemarin. Menurut Agus, dari data yang dimilikinya sekitar enam puluh persen alumni angkatan ke-2 tercatat sudah diterima bekerja di beberapa perusahaan baik di wilayah Kuningan maupun di kota lainnya.  “Fakta ini menunjukan lulusan SMKN 1 Luragung sudah memiliki daya saing sehingga layak diterima di berbagai sektor dunia industri,”Ucapnya.  Ia mengatakan, sebanyak enam puluh persen tersebut merupakan siswa yang sudah melaporkan diri terhadap pihak sekolah terkait pekerjaannya itu. Sementara sisanya bukan berarti menjadi pengangguran, melainkan besar kemungkinan sudah mendapat pekerjaan tapi belum sempat lapor diri kepada pihak sekolah.

 Ia merinci, alumni yang sudah mendapat lapangan pekerjaan itu tersebar di beberapa perusahaan. Mereka lanjutnya, merupakan para lulusan yang dilahirkan dari empat program jurusan yang berada di sekolah. Masing-masing ada yang berasal dari program jurusan Kendaraan Ringan, Sepeda Motor, Teknik Gambar Bangunan serta Marketing (Pemasaran). Dijelaskannya, keberhasilan para lulusan SMKN 1 Luragung dapat menempati beberapa perusahaan, tentu karena adanya upaya saling mendukung antar pihak sekolah dengan pihak perusahaan serta dengan para alumnus itu sendiri. Ada juga dukungan sambung Agus, melalui system perekrutan kerjasama antar sekolah yang sudah menjalin MoU (kesepakatan kerjasama) antara BKK dengan salah satu perusahaan. Sehubungan itu, Ia berharap ke depan sekolahnya juga dapat secara langsung membuka MoU dengan salah satu perusahaan agar bisa melakukan rekruitmen sendiri bagi calon para pekerja  berasal dari lulusan  sekolahnya.

“Ketika sudah ada kesepakatan kerjasama ini maka beberapa manfa’at lainnya juga akan dirasakan para siswa didik,” Sambung Budi Irawan,MPd selaku Koordinator Bursa Kerja Khusus (BKK) pada sekolah tersebut mempertegas pernyataan Agus kepada wartwan koran ini. Ia menerangkan, manfa’at lain yang diperoleh bisa berupa kegiatan praktek kerja industri ( prakerin ), dan mengadakan pendidikan pelatihan (diklat). Selain melalui system kerjasama langsung dengan salah satu perusahaan, selama ini pihaknya juga mencoba memanfa’atkan teknologi informasi melalui jaringan internet. Melalui penggunaan media tersebut, pihak sekolah dapat mengakses berbagai informasi terkait lowongan pekerjaan. “Perangkat ini juga terasa sangat mendukung bagi para lulusan dalam memperoleh kesempatan bekerja,”Kata Budi lagi.

Sebelum mengakhiri pembicaraan Ia sempat berpesan kepada para lulusan baik yang sudah bekerja maupun belum untuk tidak memutus komunikasi dengan pihak sekolah. Sebab dengan berjalannya komunikasi melalui media apapun itu akan banyak menyerap berbagai informasi penting yang erat kaitannya dengan kepentingan potensi kerja. (TONO RUSTONO).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar