Selasa, 09 April 2013

PROGRAM 1 MILYAR POHON PERUM PERHUTANI KPH KUNINGAN DISAMBUT ANTUSIAS WARGA




Dari Kiri ke kanan.1 Asep Syaefudin Bscf BKPH Cibingbin.
2. Ir Henry Gunawan M.si Administratur KPH Kuningan,
3.Imam Widodo S.Hut WAKA ADMKSKPH Kuningan,
4.RUSADI KAUR HUMAS KPH Kuningan

Kuningan,HR. Jajaran Perum Perhutani KPH Kuningan kini tampak sibuk dengan program 1 Milyar pohon dalam musim tanam 2012 tahun ini. Seperti baru-baru ini pucuk pimpinan di PERUM PERHUTANI KPH Kuningan Ir Henry Gunawan M.si  Administratur KPH Kuningan di dampinngi beberapa petinggi KPH Kuningan seperti Waka ADM/KSKPH Kuningan Imam widodo S.Hut.MM,KAUR HUMAS KPH Kuningan RUSADI,BKPH/ASPER Cibingbin Asep Syaefudin Bscf, Tata Kurnia S.H Camat Kecamatan Cibeureum beserta stap,DANRU POLHUT Mulyana, beberapa KRPH serta beberapa mandor Tanam dan beberapa tokoh masyarakat Cibeureum serta LMDH dari beberapa Kecamatan tampak serius menanam beberapa puluh jenis bibit pohon langka di lahan petak 43 C seluas 0,30 Ha dan 44 A seluas 0,60 Ha. Dilahan kosong milik PERUM PERHUTANI kini ditanami 70 jenis pohon khas hutan Indonesia/langka dengan tujuan untuk program ARBORETUM yang nantinya lahan tersebut untuk wisata pendidikan agar generasi penerus bisa mengenal beberapa jenis tumbuhan hutan Indonesia yang hampir punah.

Menurut Administratur KPH Kuningan Ir.Henry Gunawan M.si yang disampaikan Wa Ka Administratur KPH Kuningan Imam Widodo S.Hut. bahwa momentum ini adalah tindak lanjut dari Program PERUM PERHUTANI yang terkenal dengan sebutan PROGRAM 1 Milyar Pohon. “Lahan yang terletak di wilayah KRPH Cibeureum BKPH Cibingbin petak 43 C dan petak 44 A ini adalah termasuk LDTI (Lapangan Dengan Tujuan Istimewa) yang nantinya akan jadi kawasan ARBORETUM atau bisa jadi Musieum Tanaman untuk dunia pendidikan ,karena jenis tanaman langka akan tumbuh di lahan ini. Nanti di Kuningan Timur akan mempunyai MINIATUR HUTAN yang di tanami tumbuhan langka untuk bahan pengetahuan para pelajar tingkat SD,SMP maupun SMU supaya mereka banyak mengenal tanaman khas hutan Indonesia yang banyak tumbuh di areal ini,”Ujar Imam Widodo S.Hut kepada HR.

“Konsepnya berawal dari permohonan warga desa Cibeureum kecamatan Cibeureum bahwa dilahan pekarangan Rumah Dinas RPH Cibeureum Pohonnya sudah tua dan banyak yang lapuk,sehingga kami mengajukan permohonan penebangan Ke UNIT Perum Perhutani dan terbitlah surat tugas penebangan jenis D 2 sebanyak 65 pohon jenis Kayu RIMCAM untuk mengantisipasi bencana pohon tumbang yang akan membahayakan terenggutnya korban jiwa dan bisa menimpa rumah warga. Akhirnya bersama LMDH membuat Konsep ARBORETUM ini untuk Dwi Pungsi mampaatnya.”tambah Imam Widodo S.Hut menerangkan lebih jauh.

Hal senada dikatakan ASEP SYAEFUDIN Bscf BKPH Cibingbin ,“Dengan adanya ARBORETUM diwilayah kerja BKPH Cibingbin, ini adalah salah satu  lokasi yang tak ternilai harganya karena beberapa tahun ke depan lahan ini akan jadi Miniatur Hutan PERUM PERHUTANI yang di tumbuhi lebih 70 jenis pohon Khas Hutan Indonesia/langka. Manpatnya bagi anak-anak kita nanti mereka akan lebih mengenal dan mencintai hutan dengan berbagai ragam jenis pohon nya.”kata Asep Syaefudin Bscf bangga.                “Dan Alhamdulillah beberapa Prestasi telah berhasil diraih untuk katagori Tanaman Terbaik Juara 2 Tingkat Direksi Perum Perhutani berkat kerja keras mandor Tanam TAS’AN dan juara 2 Tahun 2010 DI PETAK 44 jenis tanaman terbaik tingkat UNIT PERUM PERHUTANI dengan mandor tanam Dudung Abdul Kodir.”tambah RASBA KRPH Cibeureum.

KAUR HUMAS KPH Kuningan , Rusadi menerangkan bahwa pada musim tanam 2012 ini target lahan seluas 1200 Ha lebih telah 100 % selesai ditanami dengan jenis bibit pohon jati stek pucuk.”Alhamdulillah kerja keras kami membuahkan hasil maksimal tanaman jati stek pucuk telah selesai ditanam,Karena bagi kami keberhasilan tanaman adalah satu kebutuhan nanti maupun sekarang, Dan kami menghimbau kepada masyarakat mari kita Cintai dan  jaga kelestarian Hutan ini. Dan sekalian kami mengajak kepada Insan Pers untuk membantu keberhasilan Program ini dengan menanam satu orang wartawan 25 pohon pasti Kuningan akan berhasil mempunyai hutan yang Lestari terjaga dari semua ancaman kerusakan.” Kata RUSADI lebih jauh kepada HR.

Ditempat terpisah Tata Kurnia S.H camat Kecamatan Cibeureum ketika ditemui HR diruangan kerjanya berharap ,”Saya turut bangga dan sangat mendukung di wilayah kerja saya sekarang ini telah  ada ARBORETUM dengan puluhan jenis pohon Hutan Asli Indonesia/ pohon langka di lahan milik Perum Perhutani, dan saya berharap seperti kita tahu bahwa kabupaten Kuningan ini adalah kabupaten Konserfasi maka saya berharap seluruh lahan yang kosong untuk segera dihijaukan,hal ini sesuai arahan bapak bupati Kuningan.”katanya antusias. .. (ACENG  SURYA/RONI / TONO)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar