Selasa, 20 Maret 2012

Kunjungan H.T. Mamat Robby Suganda S.Sos di Lokasi Bencana Desa Cilayung Kec. Ciwaru Kab. Kuningan


Bencana longsor yang menimpa Desa Cilayung Kab.Kuningan beberapa waktu lalu  mendapat tanggapan serius tidak hanya dari pihak pemerintah daerah Kab.Kuningan. Namun datang juga dari salah seorang anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, H T Mamat Robby Suganda,S.Sos. Saat berada di Kuningan disela-sela acara pribadinya, Ia meluangkan waktu meninjau langsung titik lokasi terjadinya bencana.

H.T. Mamat Robby Suganda S.Sos
Ketika ditemui HR di lokasi bencana longsor, Mamat Robby mengatakan longsor yang menimpa Desa Cilayung cukup parah. Bahkan nyaris mencelakakan beberapa orang warga pemilik rumah yang dekat dengan titik longsor. Beruntung longsoran tanah dari tebing yang sangat curam tersebut tidak langsung menimbun beberapa rumah penduduk. “Melihat kondisi di lapangan seperti ini penanganan harus serius dan disegerakan,”Katanya. Terlebih lagi saat Ia perhatikan, ternyata longsoran bongkahan tanah yang ambruk merupakan dinding tebing penyangga jalan menuju arah Kecamatan Subang. Bagian tebing di sisi kanan jalan tersebut sudah tersempal sekitar tiga puluh meteran.“Hal ini sangat memungkinkan jalur Ciwaru menuju Subang terancam putus karena amblasnya badan jalan,”Jelasnya. Situasi ini lanjut Mamat Robby harus segera diantisipasi mengingat jalan tersebut merupakan satu-satunya akses masyarakat penghubung dua kecamatan. Jika tidak dilakukan sedini mungkin masyarakat yang akan menerima kerugian ketika arus transportasi menjadi lumpuh, tambahnyanya lebih jauh kepada HR. Pemerintah daerah nampaknya perlu mengambil langkah membuat jalan alternatif,” Sarannya mencoba memberi solusi.
          
Sebagai wakil rakyat di Provinsi Jawa Barat dirinya juga akan ikut berupaya melakukan koordinasi dengan para pihak terkait untuk menindaklanjuti penangan pasca banjir di Desa Cilayung Kecamatan Ciwaru itu. Kepada warga Desa Cilayung khususnya, Pria pituin kelahiran Dukuh Tengah Kab.Kuningan ini menghimbau agar menjaga kelestarian lingkungan guna menangkal terjadinya bencana longsor. Coba lakukan terus reboisasi lahan apabila ada hutan disekitar yang sudah gundul. “Mudah-mudahan dengan prilaku masyarakat disini yang melakukan pelestarian alam kejadian seperti ini tidak akan terulang lagi,”Pungkasnya berharap. (ACENG. S]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar