Selasa, 20 Maret 2012

Liputaan Reses H.T. Mamat Suganda S.Sos


Belum lama ini Ketua Komisi C (anggaran) DPRD Jawa Barat dari Fraksi PARTAI DEMOKRAT, H T Mamat Robby Suganda,S.Sos mengadakan kegiatan reses di Kabupaten Kuningan. Pada 18/12 lalu agenda penting itu diselenggarakan di Desa Wano Kec.Japara. Selain dihadiri warga setempat, nampak dalam kesempatan tersebut beberapa tokoh masyarakat dari berbagai elemen yang tersebar di tiga kecamatan sekaligus, masing-masing berasal dari Kec.Kramatmulya, Jalaksana serta Kecamatan Japara sendiri.

H.T. Mamat Robby Suganda S.Sos
Dalam kesempatan reses kali ini, H .T. Mamat Robby Suganda,S.Sos menyampaikan kegiatan serupa itu merupakan kewajiban setiap anggota DPRD yang telah diatur dalam peraturan perundang-undangan. Membuktikan, agenda reses menjadi bagian penting yang harus dijalankan.  “Sekurang-kurangnya tiga kali dalam setahun reses perlu dilakukan,”Terang Mamat Robby. Menurutnya, kegiatan tersebut merupakan serangkaian tugas anggota DPRD dalam rangka menampung munculnya aspirasi dari masyarakat. Sebagai wakil rakyat kata Mamat, pihaknya harus mampu menggali berbagai persoalan yang berkembang di lapangan. "Mudahan-mudahan daerah pelosok dapat tersentuh program pembangunan ke depan dengan diawali jaring aspirasi seperti ini,”Ucapnya. Dikatakannya, pihak pemerintah provinsi berkewajiban memajukan setiap wilayah kabupaten. Sebab itu melalui reses ini masyarakat diberikan kesempatan oleh lembaga perwakilan untuk menyalurkan keinginan dan program yang akan diwujudkan. “Selain Pemda Kuningan, Pemprov Jabar juga mempunyai tanggungjawab besar terhadap berkembangnya sebuah kabupaten,”Tandasnya. Ia menekankan pentingnya pemerintah daerah kabupaten menjalin hubungan baik dengan pemerintah provinsi. “Alhamdulillah Pemda Kuningan selama ini mampu menjalin hubungan yang baik dengan pihak Pemerintah Jawa Barat, ”Terang pria alumnus SMAN Luragung itu. Hal ini tergambar bahwa kucuran program baik dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Provinsi ternyata banyak sekali terealisasi bagi masyarakat di wilayah Kota Kuda ini.

Masih dalam kesempatan yang sama, Kepala Desa setempat disela-sela kegiatan berlangsung mengungkapkan rasa terima kasihnya terhadap H T Mamat Robby Suganda,S.Sos yang telah menunjuk desa Wano menjadi lokasi reses untuk masyarakat di tiga kecamatan sekaligus. “Semoga reses di Desa kami ini memberi kesan manis untuk kedua pihak, baik yang berkunjung maupun yang dikunjungi,”Kata Kades perempuan ini. Ia berharap dari kegiatan tersebut masyarakat setempat dapat menyampaikan sesuatu yang bermanfaat bagi kepentingan umum.
          
Sementara itu, A. Maksum salah seorang warga yang mengikuti jalanya kegiatan reses mengungkapkan rasa keprihatinannya dengan melemahnya pemberdayaan budaya serta seni di Kab.Kuningan. Padahal menurutnya, potensi seni budaya di daerahnya itu tidak kalah jika dibandingkan  dengan provinsi Bali sekalipun ujarnya lebih jauh “Saya sangat menaruh harapan besar agar kedepan Pak Mamat Robby memberi perhatian serius terhadap kemajuan budaya dan seni di Kab.Kuningan,”Tegasnya berharap. Ia menilai budaya dan seni memiliki peranan sangat penting karena mampu memberikan pengaruh terhadap pembentukan karakter manusia. Selain itu juga, kedua bidang ini lanjut Maksum dapat mempererat jalinan rasa persatuan dan kesatuan antar masyarakat.

Pantauan HR  di lokasi reses, beragam aspirasi muncul disampaikan warga dari berbagai kalangan. Diantaranya dari elemen PGRI Kec.Japara, Juned,MPd. menyampaikan keinginannya agar DPRD Provinsi menambah suntikan anggaran bagi bidang pendidikan di Kab.Kuningan. Ada juga aspirasi yang muncul dari perwakilan Kec.Jalaksana, Faisal Taufik yang menghendaki adanya peningkatan dana bagi program perbaikan ‘rutilahu’ rumah tidak layak huni. (ACENG.S)
     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar