Selasa, 20 Maret 2012

Bencana Longsor di Desa Cilayung Kec.Ciwaru, Kab. Kuningan

Lokasi Longsor
Curah hujan yang sangat tinggi hampir siang malam mengguyur wilayah Kabupaten Kuningan dan sekitarnya mengakibatkan daerah perbukitan adalah daerah rawan bencana longsor. Seperti kejadian di Desa Cilayung Kecamatan Ciwaru Kab. Kuningan baru-baru ini pada Hari Senin 06 Pebruari 2012. Longsor besar melanda desa itu sehingga akses jalan  yang lebar nya 2.5meter menuju dusun Cimeong tertutup longsor seluas 300 meter. Hal itu mengakibatkan jalur transpotasi lumpuh total, tidak hanya kendaraan, pejalan kakipun tidak dapat lewat karena  terhalangi lumpur sangat dalam.
 
Kepala Dinas Bina Marga Kabupaten Kuningan Rusliadi di dampingi Camat Ciwaru M.Solihin meninjau kelokasi bencana tersebut. Mereka bersama-sama menuju lokasi dengan mengendarai motor dengan jalan yang rusak berat, beliau pun sempat memerintahkan untuk mendatangkan alat berat doser untuk mengeruk jalan yang tertutup tapi sayang alat berat tersebut tidak bisa masuk karena jalan menuju lokasi sangat sempit terhalang beberapa rumah penduduk yang akhirnya alat berat disuruh pulang kembali. “Saya akan minta instansi terkait untuk bisa segera menanggulangi masalah ini, karena kita khawatir parasiswa tidak bisa masuk sekolah dan warga masyarakatpun susah untuk bersosialisasi dan kita mengingat hanya tinggal hitungan jari 7 hari di Desa Cilayung akan di adakan pemilihan kepala desa. Maka  dari itu saya akan berkordinasi dengan bapak Bupati, Kapolres, Kodim dan Instansi terkait untuk menanggulang bencana alam  ini,” Ujar  Rusliadi sambil telpon melaui HP nya kesana-sini meminta bantuan ke beberapa intansi ,terkait longsor Cimeong.  “Saya pun akan adakan kordinasi dengan para kepala desa  supaya warganya mau membantu saudara kita warga Desa Cilayung yang tertimpa bencana, dan ini kado buat saya bekerja yang baru satu bulan jadi Camat Ciwaru,” Kata M.Solihin Camat Ciwaru di damping Usep Sekretaris Kecamatan Ciwaru kepada HR di lokasi bencana.


Rusliadi Kadis Bina Marga Kab. Kuningan & Camat Ciwaru M. Solihin
Terpantau di lokasi bencana pihak PLN pun sibuk menyambung jaringan yang terputus karena 2 tiangnya terbawa longsor sehingg aliran listrik ke dusun Cimeong selama 2 hari mati total. Sementara menurut Pjs  Kepala Desa Cilayung Edy Kardi yang didamping Kaur Ekbang Desa Cilayung Darmanto menuturkan bahwa bencana longsor besar seperti ini baru mengalami seingat saya ini kejadian yang sangat menakutkan karena gemuruhnya sampai terdengar kemana mana ujar mereka berdua. “Terkait kejadian ini saya atas nama pemerintahan desa terima kasih kepada Bapak Kepala Dinas Bina Marga atas nama Pemerintah Daerah Kab. Kuningan telah bisa memberikan penanganan yang maksimal. Sampai beliau luka-luka terjatuh dari motor membela warga kami yang terkena musibah. ”Ujar Edi di amini Dartono Kepada HR.

Memang betul Kepala Dinas Bina Marga waktu pulang dari lokasi bencana ikut di bonceng Kabiro Koran Harapan Rakyat dengan motor, sekitar 20 meter dari lokasi di pudunan terjal karena jalan rusak motor yang kami tumpangi berdua terguling jatuh sampai Kepala Dinas Bina Marga luka-luka tertindih motor. “Ini bentuk perjuangan kita membantu warga yang tertimpa musibah, Pa Aceng, yang akhirnya kita berdua pun kena musibah,”Seloroh Rusliadi dengan HR sambil menahan perih di lututnya.

Dengan semua kejadian ini masyarakat menghimbau karena lokasi ini berdekatan dengan lahan Perum Perhutani  bila mengadakan kegiatan penebangan pihak Perhutani memperhitungkan letak tanah dan pohon yang akan di tebang supaya tidak berdampak kepada warga sekitar, mengingat Kabupaten Kuningan adalah daerah konservasi Alam yang harus di jaga kelestariannya,memang itu program PerhutanI dan pihak terkait  tapi ketinggian tebing pun harus diperhitungkan supaya kami tidak jadi korban, himbau salah seorang warga [ACENG,S]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar